Keberkahan Makan Sahur

  • by

Diantara bentuk rahmat dan kasih sayang Allah ﷻ kepada para hamba-Nya, ketika Allah ﷻ banyak memberi kemudahan dan keringanan dalam menjalankan puasa Ramadhan. Diantara bentuk keringanan yang Allah ﷻ berikan kepada para hamba adalah dianjurkannya bagi mereka makan di waktu sahur , sebelum memasuki waktu subuh yang ditandai dengan munculnya fajar shadiq.

Rasulullah ﷺ bersabda:

“تَسَحَّرُوا؛ فَإِنَّ في السُّحُورِ بَرَكَةً”

“Makan sahur lah kalian, karena sesungguhnya pada makan sahur terdapat keberkahan.”

(Muttafaq Alaihi)

Dalam hadits Irbadh bi Sariyah رَضِيَ اللهُ عَنْهُ , beliau berkata: Rasulullah ﷺ pernah mengundang aku menghadiri makan sahur di bulan Ramadhan , beliau bersabda:

هَلُمَّ إِلَى الْغَدَاءِ الْمُبَارَكِ

“Kemarilah menuju santapan yang penuh berkah.”

(HR.Ahmad, Abu Dawud, An Nasaai. Disahihkan Al Albani)

Keberkahan makan sahur ditinjau dari banyak sisi, baik yang berkaitan dengan kemaslahatan di dunia, seperti:

menguatkan tubuh dalam berpuasa, lebih bersemangat dalam beraktivitas

Demikian juga berkaitan dengan kemaslahatan ukhrawi, seperti :

Mengikuti sunnah Rasulullah ﷺ , menyelisihi puasa ahli kitab, memanfaatkan waktu sahur untuk berdoa, memungkinkan bersedekah di waktu tersebut ketika memberi makan sahur kepada yang lain, Malaikat mendoakan kebaikan bagi mereka yang makan di waktu sahur serta keutamaan lainnya.

Sekedar minum seteguk air di waktu sahur, maka hal itu sudah teranggap mengamalkan sunnah Rasulullah ﷺ dalam hal menyantap sahur. Rasulullah ﷺ bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Makanan sahur itu berkah, maka jangan kalian meninggalkannya, meskipun dengan cara salah seorang kalian meminum seteguk air. Karena sesungguhnya Allah ﷻ dan para malaikat-Nya senantiasa mendoakan orang- orang yang makan sahur.”

(HR.Ahmad، Al Albani menghasilkan hadits ini)

Semoga Allah ﷻ memberi banyak keberkahan kepada kita di bulan suci yang mulia ini.

✍🏼 Askary bin Jamal

Jum’at,   29 Sya’ban 1443 H

https://t.me/MahadOnline_alistiqomah/754