Berbuka Puasa Dengan Kurma. Mengapa?

  • by

Diantara bimbingan Rasulullah ﷺ dalam berpuasa adalah segera berbuka puasa disaat tiba waktunya. Beliau ﷺ bersabda:

((لا يزالُ النَّاسُ بخيرٍ ما عَجَّلوا الفِطرَ ))

“Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa.”

(Muttafaq Alaihi)

Ibnu Daqiqil ‘Ied berkata: “menyegerakan berbuka puasa setelah diyakini terbenamnya matahari, merupakan perkara yang dianjurkan berdasarkan kesepakatan ulama.”

(Ihkaamul Ahkaam,Ibnu Daqiqil ‘Ied: 1/281)

Yang perlu dipahami, bahwa berbuka puasa, bukanlah bentuk balas dendam setelah menahan rasa  lapar dan haus selama seharian, sehingga tatkala dia berbuka, seakan- akan semua jenis makanan dan minuman yang ada di hadapannya hendak dilahap seluruhnya. Lihatlah bimbingan Rasulullah ﷺ disaat berbuka puasa. Telah diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi, bahwa Anas bin Malik رَضِيَ اللهُ عَنْهُ berkata:

“Adalah Rasulullah ﷺ berbuka puasa dengan beberapa kurma muda, dan bila tidak ada, maka beliau berbuka dengan beberapa kurma matang, dan bila tidak ada, maka beliau meminum beberapa teguk air.”

Hadits ini menerangkan bahwa yang utama pada saat berbuka puasa adalah dengan mendahulukan kurma, dan bila tidak terdapat kurma, maka dengan minum air.

Ibnul Qayyim رَحِمَهُ اللهُ berkata:

“Ini termasuk kesempurnaan kasih sayang dan nasehat  Rasulullah ﷺ kepada umatnya, sebab memberikan sesuatu yang manis disaat perut kosong lebih siap untuk diterima, dan bermanfaat dalam memberi kekuatan dengannya, terlebih kekuatan penglihatan, maka dia akan menjadi kuat dengannya. Adapun air, maka disaat berpuasa, hati dalam kondisi mengalami kekeringan, maka jika dibasahi dengan air, maka akan menjadi sempurna manfaatnya dengan asupan makanan setelahnya. Di samping adanya keistimewaaan lain yang dimiliki oleh kurma dan air, yang memberi pengaruh positif untuk kebaikan qalbu seseorang, yang hal ini tidak diketahui kecuali dari kalangan para ahli yang mengerti kondisi qalbu.”

(Subulus salaam,Ash Shan’aani: 1/ 564)

✍🏼 Askary bin Jamal

https://t.me/MahadOnline_alistiqomah/756