Khatam Al Qur’an Di Bulan Ramadhan

  • by

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, karena itulah Allah jalla jalaaluhu menurunkan al qur’an dibulan tersebut. Allah f berfirman:

شَهْرُ رَمَضانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدىً لِلنَّاسِ وَ بَيِّناتٍ مِنَ الْهُدى‏ وَ الْفُرْقانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَ مَنْ كانَ مَرِيضاً أَوْ عَلى‏ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَ لا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَ لِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلى‏ ما هَداكُمْ وَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

(QS.Al Baqarah:185)

Oleh karenanya, memperbanyak membaca al qur’an dan mentadabburinya merupakan bagian dari amalan yang sangat dianjurkan.

Telah diriwayatkan Imam Bukhari dalam sahihnya, bahwa Abdullah Bin Abbas radiallahu anhumaa berkata:

Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang paling dermawan, dan Beliau lebih dermawan lagi dibulan Ramadhan tatkala JibriL ‘alaihissalam menemuinya. Jibril ‘alaihissalam menemuinya pada setiap malam di bulan Ramadhan, lalu ia membaca al qur’an bersamanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam lebih dermawan dalam kebaikan dibanding angin yang berhembus.”

(Muttafaq alaihi)

Karena besarnya keutamaan membaca al qur’an di bulan Ramadhan , para ulama salaf senantiasa memanfaatkan momen berkah tersebut untuk menyibukkan diri membaca al qur’an.

Berkata Salam Bin Abi Muthi’: kebiasaan Qatadah mengkhatamkan al qur’an setiap tujuh malam. Apabila tiba bulan Ramadhan , Beliau mengkhatamkan dalam tempo tiga malam, dan apabila memasuki sepuluh hari terakhir, Beliau mengkhatamkan pada setiap malam.”

(Siyar A’laam Anu Nubalaa’:5/ 276)

Disebutkan pula oleh Rabi’ Bin Sulaiman : bahwa Imam Syafi’i rahimahullah mengkhatamkan al qur’an di bulan Ramadhan sebanyak enam puluh kali.

(Siyar A’lam An Nubala’:10/ 36)

Diriwayatkan dari Ibnu Asakir bahwa beliau mengkhatamkan al qur’an diluar bulan Ramadhan setiap pekan, dan dibulan Ramadhan beliau khatam setiap hari.

(Siyar A’lam An Nubala’: 20/ 562)

Dan masih banyak lagi atsar dari ulama salaf yang memanfaatkan momen Ramadhan dengan menyibukkan diri dengan membaca al qur’an al karim.

Semoga kita termasuk diantara hamba- hamba Allah jalla jalaaluhu yang menjadi ahlul qur’an.

Askary Bin Jamal

22 Sya’ban 1443 H