Nikmatnya Ada Guru Yang Mengajarimu diatas Sunnah

  • by

💎 Asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu ta’ala berkata :

“Apabila dimudahkan bagimu dengan adanya seseorang yang engkau yakin akan keilmuan dan agamanya mengajarkanmu ilmu, maka bersemangatlah untuk bermajelis dengannya dan untuk mengajak orang-orang kepadanya.

Namun apabila tidak demikian, aku nasihatkan kepadamu untuk mengadakan perpustakaan yang mengoleksi banyak dari kitab-kitab sunnah lalu engkau menetap (banyak menelaah) disana hingga Allah Membukakan (pemahaman) bagimu.

Tentang pernyataan seseorang yang berkata : “Barangsiapa yang gurunya adalah kitab, kekeliruannya lebih banyak daripada ketepatannya” ini adalah ketika ia tidak memilah kitab dengan baik dan mempercayakan akalnya kepada kitab sepenuhnya. Adapun kitab-kitab sunnah maka tidaklah demikian.”

📖 [An-Nushu li Thalabatil ‘Ilmi wa Sa`iris Salafiyin, hal: 58-59]

✍️ قال الشيخ مقبل الوادعي رحمه الله تعالى :

“فإن تيسر لك من يعلمك ممن تثق بعلمه ودينه فاحرص على مجالسته ودعوة الناس إليه، وإلا فأنصحك بتكوين مكتبة تجمع جل كتب السنة والعكوف فيها حتي يفتح الله عليك.

وأما قول من قال: من كان شيخه الكتاب كان خطؤه أكثر من الصواب، فهذا إذا لم يحسن اختيار الكتاب ويودع عقله مع الكتاب أما كتب السنة فلا يكون كذلك”

📚النصح لطلبة العلم وسائر السلفيين(صـ ٥٨-٥٩).

https://t.me/Askarybinjamal/880